Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Keefektifan Aplikasi Podcast Spotify dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Kelas X SMA PGRI Larangan

Dwijayanti, Novia Shafa (Unknown)
Werdiningsih, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru supaya siswa dapat menerima informasi atau pesan dengan baik. Aplikasi spotify yang digunakan ini berupa podcast untuk keterampilan menyimak pada siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan aplikasi podcast spotify sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak untuk siswa kelas X SMA PGRI Larangan. Metode penelitian yang digunakan yakni metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yakni siswa kelas X SMA PGRI Larangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian pada media pembelajaran berupa aplikasi podcast spotify diperoleh empat indikator jawaban, yaitu (1) sangat setuju diperoleh skor 203, (2) setuju diperoleh skor 373, (3) tidak setuju mendapatkan skor 37, dan (4) sangat tidak setuju mendapat skor 6. Maka dari itu aplikasi ini layak digunakan pada saat pembelajaran keterampilan menyimak di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...