Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru supaya siswa dapat menerima informasi atau pesan dengan baik. Aplikasi spotify yang digunakan ini berupa podcast untuk keterampilan menyimak pada siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan aplikasi podcast spotify sebagai media pembelajaran keterampilan menyimak untuk siswa kelas X SMA PGRI Larangan. Metode penelitian yang digunakan yakni metode campuran kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yakni siswa kelas X SMA PGRI Larangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian pada media pembelajaran berupa aplikasi podcast spotify diperoleh empat indikator jawaban, yaitu (1) sangat setuju diperoleh skor 203, (2) setuju diperoleh skor 373, (3) tidak setuju mendapatkan skor 37, dan (4) sangat tidak setuju mendapat skor 6. Maka dari itu aplikasi ini layak digunakan pada saat pembelajaran keterampilan menyimak di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023