Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
2023: SPECIAL EDITION: LALONGET IV

Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media: Kurikulum Merdeka

Nur, Sajidah (Unknown)
Nurhadi, Nurhadi (Unknown)
Pratiwi, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka adalah perubahan signifikan pada muatan teks dalam buku ajar bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sajian teks multimodal dalam buku ajar bahasa Indonesia yang mengacu pada kurikulum merdeka, yakni buku Cerdas Cergas Berbahasa Indonesia (CCBI) Kelas X, XI, dan XII yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Metode penelitian yang dimanfaatkan untuk memproses data penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan dua belas bentuk teks multimodal dalam ketiga buku CCBI. Kedua belas temuan bentuk tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara buku ajar bahasa Indonesia yang mengacu pada Kurikulum Merdeka dan yang mengacu pada Kurikulum 2013. Dapat disimpulkan bahwa muatan dua belas bentuk teks multimodal menjadi salah satu inovasi sekaligus implementasi dari kurikulum merdeka. Muatan teks multimodal dalam buku CCBI menjadi revolusi buku ajar yang terintegrasi media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghancaran

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini menerima kontribusi dalam bidang linguistik, sastra dan pengajaran dari berbagai perspektif, misalnya: pengajaran dan pembelajaran bahasa pertama, kedua, dan asing; bahasa dan sastra dalam pendidikan; perencanaan bahasa, pengujian bahasa; desain dan pengembangan kurikulum; multibahasa dan ...