Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024)

IMPLEMENTASI CRM UNTUK MENUNJANG KEPUASAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN DARMO

DEWANTARA, DIMAS RANGGA (Unknown)
PERTIWI, TRI KARTIKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

: Customer Relationsip Management (CRM) atau yang disebut dengan strategi untuk mengelola dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan menjaga hubungan pelanggan yang baik maka perusahaan dapat mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan demi kepuasan pelayanan sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Tidak hanya di perusahaan yang menjalin hubungan baik dengan pelanggannya, CRM juga dapat diterapkan pemerintahan pada sektor pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan. Dalam hal ini CRM juga di implementasikan di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo untuk membangun hubungan baik dengan warga. CRM diupayakan oleh Kelurahan Darmo dengan mempermudah dan menjangkau lebih dekat dengan warga melalui media online maupun offline. Penerapan CRM ini diharapkan agar masyarakat Kelurahan Darmo semakin tertib dalam memperbarui dokumen kependudukannya. Metode yang digunakan dalam pembuatan jurnal ini menggunakan pengisian kusioner dan observasi penulis di lapangan.

Copyrights © 2024