Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang sering terjadi dalam implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan santri pada usia remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; (3) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; dan (4) Mendeskripsikan solusi faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a),Implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an adalah dengan cara menerapkan program yang telah susun. (b),faktor pendukungnya adalah fokus, motivasi. muraja’ah, tempat menghafal, menjadi imam shalat jahr, pemilihan waktu menghafal, wisuda tahfiz, dan pembelajaran nahwu, sharaf, dan mufrodat. (c),faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang kurang, musyrif yang kurang tanggung jawab, waktu yang terlalu padat, manajemen waktu santri yang kurang tepat, terdapat beberapa ayat yang serupa, kosa-kata baru, kurang fokus, rasa malas, dan kemampuan menghafal santri yang rendah. (d), solusi terhadap faktor penghambat adalah menambahkan alokasi waktu KBM tahfiz, mengadakan evaluasi mingguan, memanfaatkan waktu yang ada, mengadakan pengarahan, mengadakan club tahfiz, meningkatkan fokus, meningkatkan motivasi santri dan melakukan pendekatan kepada santri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024