Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang menyebabkan kurangnya antusiasmepeserta didik selama proses pembelajaran jarak jauh , sehingga hasilnya pun menjadi kurang optimal. Fenomena ini dapat dilihat darikurangnya minat siswa dalam mengerjakan tugas yang dapa t dilihat dari sedikitnya siswa yang mengumpulkan tugas yang diberikan, serta hasil tes formatif maupun sumatif nilai mata pelajaran IPA sering tidak mencapai nilai KKM, yaitu 70. Hal ini salah satunya dikarenakan pembelajaran yangcenderung monoton dan belum optimal sehingga membuat siswa tidak maksimal dalam belajar apalagi di Masa Pandemi Covid-19 seperti ini. Juga faktor dari Guru dalam memilih media belajar belum bervariasi. Masalah lain yang cukup urgen di SMPN 1 Cisompet adalah terbatasnyaketersediaan sumber belajar di sekolah, salah satunya adalah buku pelajaran IPA. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka judul penelitian ini adalah “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPAdi SMPN 1 Cisompet”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dan sebagai inovasi media pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan metode pre- eksperimen dengan bentuk pretest posttetst control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.A dan IX.B SMPN 1 Cisompet. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, tes dan dokumentasi.
Copyrights © 2023