KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3 No 3 (2023): KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENINGKATAN MINAT BELI PRODUK UMKM MELALUI MEDIA BAZAR

Orlando, Gerry Hutama (Unknown)
Anwar, Muhadjir (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Usaha mikro diartikan sebagai usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria usaha mikro. Usaha kecil merupakan suatu usaha ekonomi produktif yang independen atau berdiri sendiri baik yang dimiliki perorangan atau kelompok dan bukan sebagai badan usaha cabang dari perusahaan utama. Usaha menengah adalah usaha dalam ekonomi produktif dan bukan merupakan cabang atau anak usaha dari perusahaan pusat serta menjadi bagian secara langsung maupun tak langsung terhadap usaha kecil atau usaha besar dengan total kekayan bersihnya sesuai yang sudah diatur dengan peraturan perundang-undangan. Mayoritas masyarakat Indonesia merupakan pelaku UMKM, namun masih banyak pemuda yang memilih membeli produk impor dari pada membeli produk lokal. Untuk menanggulangi hal seperti ini, pemerintah Indonesia mengadakan pameran/ bazar UMKM untuk meningkatkan minat beli produk UMKM. Bazar UMKM sendiri merupakan salah satu program pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah untuk memastikan ketahanan dan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta berkeadilan. Bentuk capaian dari kegiatan ini adalah mendorong perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha UMKM agar lebih produktif dan berdaya saing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...