PROSIDING : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika
Vol 6, No 2 (2015): SNFPF 2015 Prospek Pendidikan Sains 5 Tahun ke Depan

REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITS MAHASISWA FISIKA

Aristya, Pramudya Dwi ( Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Universitas Jember)
Sudarti, Sudarti ( Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2015

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media real life video evaluation dengan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa fisika. Penelitian merupakan pengembangan (Research and Development) dengan metode Analysis, Desaign, Development, Implimentation and evaluastion (ADDIE). Indikator keterampilan berpikir kritis mahasiswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengan tampilan, konteks dan aspek media tersebut. Sedangkan implentasi diberikan kepada 45 mahasiswa pendidikan fisika FKIP universitas Jember yang memprogram mata kuliah Fisika Sekolah I. Instrumen yang digunakan adalah lembar dokumentasi, penilaian digital literasi, lembar validasi, lembar observasi, pre test dan post test. Hasil yang didapatkan adalah media yang dikembangkan dalam katagori baik sehingga cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir krtitis mahasiswa fisika.Kata kunci : Real life video evaluation, E-learning, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2015