Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi penguatan PPRA di MA Muhammadiyah 1 Medan baik dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dalam proses implementasi PPRA. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang didapatkan dari penelitian ini menggunakan hasil observasi dan wawancara dari sejumah informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru ekskul agama, dan guru agama Islam yang ada di madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implementasi penguatan PPRA masih dalam tahap adopsi yang artinya penggunaan kurikulum merdeka di madrasah masih belum sepenuhnya digunakan namun masih mengambil nilai-nilai dari PPRA. Pelaksanaan dari ekskul keagamaan dan mengambil nilai-nilai dari PPRA itu sudah sangat baik, sebab pelaksanaan ekskul memiliki nilai islami yang tentunya membantu perubahan karakteristik dan perilaku sehari-hari peserta didik. Evaluasi ekskul keagamaan berbeda antar gurunya, pihak madrasah sudah menentukan bagaimana evaluasi yang baik hanya saja diberikan kebebasan oleh guru untuk mengembangkan dan mempercepat memberikan penilaian kepada peserta ekskul.
Copyrights © 2024