Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Video SISTAYA terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar pada materi sistem tata surya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video SISTAYA terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya; untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan video SISTAYA dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya; untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media video SISTAYA pada materi sistem tata surya. Pemahaman konsep pada siswa sekolah dasar masih rendah terutama pada materi sistem tata surya , dan pemahaman konsep merupakan kompetensi pembelajaran yang perlu dimiliki oleh siswa sekolah dasar. Hal tersebut menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian dengan desain non equivalent control group design. Penyebaran angket juga dilakukan untuk mengetahui respons siswa. Penggunaan video SISTAYA terhadap 30 siswa kelas VI A memberikan pengaruh positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video SISTAYA memberikan pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Terbukti dengan hasil uji beda rerata yang didapatkan melalui hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada hasil pretest. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan video SISTAYA dan pembelajaran konvensional, terbukti melalui hasil uji beda rerata kelas eksperimen yang menggunakan video SISTAYA mengalami peningkatan yang lebih besar daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Respons positif juga diberikan oleh siswa terhadap penggunaan video SISTAYA. Terbukti melalui hasil angket, siswa merasa senang dan mudah memahami materi sistem tata surya menggunakan video SISTAYA.
Copyrights © 2023