Broken home memiliki dampak yang sangat besar dalam menentukan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa SDN 2 Labuapi, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan utama dari metode penelitian deskriptif adalah untuk menciptakan gambaran situasi yang tidak memihak atau objektif. Langkah-langkah pengumpulan data, klarifikasi, pengolahan, penarikan kesimpulan, dan penulisan laporan digunakan untuk melakukan penelitian ini., Berdasarkan penelitian di atas dapat dikatakan dampak dari keluarga broken home terhadap motivasi belajar siswa di SDN 2 Labuapi dapat disimpulkan ada dampak yang dirasakan oleh siswa yang berasal dari keluarga broken home terhadap motivasi belajar di sekolah. Dampak tersebut ada dampak internal dan dampak eksternal. Dampak eskternal yaitu seperti suasana belajar dirumah yang membuat suasana belajar tidak nyaman untuk mengerjakan tugas, tidak bisa fokus memperhatikan guru saat mengajar di kelas dikarenakan pikiran kemana-mana. Dampak internal yang siswa alami mengenai motivasi belajar yaitu tidak ada kemauan sendiri atau minat ingin belajar, kurang aktif didalam kelas, tidak mau mengerjakan tugas sekolah, sering bolos atau absen tidak datang ke sekolah.
Copyrights © 2024