Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IV di SDI Rutosoro, dan mengeksplorasi efektivitas penggunaan media pembelajaran yang memanfaatkan konteks kearifan lokal dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa terhadap aspek budaya rumah adat Bena yang diterapkan pada pembelajaran matematika dengan konsep geometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tahap perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan numerasi sebelum dan sesudah perlakuan, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDI Rutosoro. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan numerasi siswa ditunjukkan dengan data pada siklus I meningkat 64,65%, dan pada siklus II meningkat sebesar 76,45%. Peningkatan kemampuan numerasi ini berdampak pula pada ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal signifikan dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi konteks lokal dalam pengembangan media pembelajaran untuk memperkuat pemahaman matematika siswa.
Copyrights © 2024