Prosiding Pendidikan Sains
2015: Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains)

PENGGUNAAN KARTU DOPLAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIDSMP NEGERI 1 SELOGIRI SEMESTER 1 TAHUN 2014/2015

Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Penggunaan Kartu Doplan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Memahami Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan  Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Selogiri Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini ada 2.a.Tujuan umum adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologimateri memahami sistem dalam  kehidupan tumbuhan  bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. b.Tujuan Khusus adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologimateri memahami sistem dalam  kehidupan tumbuhan  bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui penggunaan Kartu Doplan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,masing masing siklus 2 kali pertemuan. Pada siklus I pembelajaran dilakukan dengan penggunaan Kartu Doplan secara kelompok tanpa daftar pertanyaan, sedangkan pada siklus II penggunaan Kartu Doplan secara kelompok disertai daftar pertanyaan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, penggunaan Kartu Doplan dapat meningkatkan aktivitas belajar Biologi materi memahami sistem dalam  kehidupan tumbuhan  bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Selogiri pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terbukti persentase jumlah siswa dalam kategori aktivitas belajar baik meningkat dari kondisi awal 21,43% menjadi 78,57% pada siklus I dan menjadi 89,29% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 67,86% dari kondisi awal. Kedua, penggunaan Kartu Doplan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi memahami sistem dalam  kehidupan tumbuhan  bagi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Selogiri pada semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari kondisi awal 32,14% menjadi 71,43% pada siklus I dan menjadi 96,43% pada siklus II atau pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 64,29% dari kondisi awal.

Copyrights © 2015