Prosiding Pendidikan Sains
2015: Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains)

PROFIL PEMENUHAN 8 SNP, PROSES PEMBELAJARAN DAN RELEVANSI BUKU AJAR YANG DIGUNAKAN DI SALAH SATU SMP DI NGAWI

Wicaksono, Ervan Johan (Unknown)
Nugroho, Latif Agung (Unknown)
Agustian, Rifkie Aziz (Unknown)
Sajidan, Sajidan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Sekolah diberi kewenangan dan peran yang luas untuk merancang dan melaksanakan pendidikan sesuai dengan potensi dan kondisinya masing-masing dengan tetap mengacu pada standar minimal yang ditetapkan pemerintah melalui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterpenuhan 8 SNP di salah satu SMP di Ngawi, 2) mengetahui jalannya proses pembelajaran di salah satu SMP di Ngawi dan 3) mengetahui relevansi buku ajar yang digunakan dengan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi, survey, deep interview, angket dan domumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemenuhan 8 SNP di salah satu SMP di Ngawi menunjukkan cukup terpenuhi, akan tetapi pada standar 5, khususnya pada laboratoriumnya perlu untuk ditingkatkan. 2) Proses pembelajaran di salah satu SMP di Ngawi cenderung teacher centered. 3) Buku ajar yang digunakan di salah satu SMP di Ngawi masih belum sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Copyrights © 2015