Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2023): Sustainable

Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTs Muslimin Bojongpicung

Mursyid, Ali (Unknown)
Tianti, Agnes Yusra (Unknown)
Ayuna, Nadia (Unknown)
Anwar, Wafiq Fadhilah (Unknown)
Fauziyah, Helmiyatunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di MTs Muslimin Bojongpicung, Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau survei dimana semua anggota populasi memiliki peluang menjadi sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 guru di MTs Muslimin Bojongpicung. Untuk itu seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel penelitian. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner, yaitu memberikan daftar pertanyaan melalui google form kepada responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan berbantu software SPSS versi 26. Hasil uji validitas yang dilakukan menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam untuk mengukur variable valid, dan dari uji reliabilitas menunjukkan item variabel yang digunakan adalah reliabel. Penelitian ini juga membuktikan bahwa motivasi dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja guru hanya secara simultan, dan hanya motivasi yang mempengaruhi kinerja guru secara parsial, sedangkan Kepuasan Kerja tidak mempengaruhi Kinerja Guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...