Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2023): Sustainable

Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Partisipasi Wali Murid di SMP Negeri 27 Kerinci

Jafar, Hasimi (Unknown)
Hakim, Lukman (Unknown)
Putra, Darma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi wali murid di Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Kerinci sudah menjalankan manajemen humas, diawali dengan perencanaan program humas, pelaksanaan program humas dan evaluasi program humas. Namun manajemen humas yang sudah dilaksanakan belum memperoleh hasil yang maksimal, disebabkan berbagai unsur salah satunya pelaksanaan program humas tidak optimal seperti kegiatan rapat antara sekolah dengan wali murid hanya dihadiri oleh beberapa wali murid, Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Kerinci kekurangan tenaga ahli yang bisa mengoperasikan teknologi internet untuk mengelola websit sekolah sehingga informasi dan publikasi terbaru keadaan sekolah susah untuk diketahui oleh wali murid. Dapat disimpulkan bahwa Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Kerinci sudah menjalankan manajemen humas tetapi belum maksimal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...