Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan Spinning Wheel terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP tentang getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment Design, dan desain penelitiannya adalah Non-equivalent Posttest only Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Tambang, siswa kelas VIII E (total 32) dan siswa kelas VIII F (total 30) dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil ulangan harian yang diberikan kepada siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi yang terdiri dari 16 soal pilihan ganda digunakan sebagai data penelitian. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi (sig, 2-tailed) sebesar 0.011, maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Dengan selisih rata-rata sebesar 9,43, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jauh lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran konvesional, dengan selisih rata-rata 9,43. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 63,33, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 53,90.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024