Penyusunan kisi-kisi soal merupakan salah satu tugas pokok guru. Penyusunan kisi- kisi soal dilaksanakan sebelum membuat butir soal sehingga dengan adanya kisi- kisi soal akan terwujud kualitas soal yang baik. Akan tetapi dalam kenyataannya sebagian practitioner merasa kesulitan bahkan tidak sedikit yang memilih untuk tidak membuat kisi- kisi soal. Oleh karena itu, salah satu dosen pengampu mata kuliah evaluasi pembelajaran mengenalkan dan melatih mahasiswa Program Studi PGMI semester V di UIN SusKa Riau dalam menyusun kisi- kisi soal dengan menggunakan model project based learning dengan harapan mahasiswa tidak hanya mengenal kisi-kisi soal saja, namun ada satu produk kisi-kisi soal yang dibuat selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model project based learning dalam mata kuliah evaluasi pembelajaran dalam menyusun kisi- kisi soal. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan data diperoleh dari observasi kegiatan perkuliahan online dan wawancara dengan mahasiswa PGMI semester V UIN SusKa Riau.
Copyrights © 2023