Tujuan penelitian ini adalah untuk menginternalisasikan nilai kesejarahan Batik Banten pada Gen-Z melalui inovasi trend fashion. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research Development (RND) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development dan Dessiminate). Responden dalam penelitian ini adalah Gen-Z yaitu siswa/i SMAN di Kabupaten Serang kelas X dan XI sebanyak 137 siswa yang terdiri dari 4 Kelas (XI IPS 4, XI IPS 1, X MIPA 8 dan X MIPA 7). Penelitian ini menghasilkan sebuah inovasi trend fashion Batik Banten digemari Gen-Z. Adapun uji coba produk yang dilakukan berdampak baik yaitu membuat Gen-Z lebih mengenal dan memahami makna dan nilai kesejarahan Batik Banten, menjadi bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang mempunyai banyak kebudayaan yang beragam serta meningkatkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Oleh karena itu, inovasi ini dapat menjadi sebuah upaya yang efektif dalam menginternalisasikan nilai kesejarahan Batik Banten pada Gen-Z.
Copyrights © 2024