Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah
Vol 7, No 1 (2024): Kritik Sosial dalam Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Kesejarahan Batik Banten melalui Inovasi Trend Fashion Bagi Gen-Z

Nuhiyah, Nuhiyah (Unknown)
Ramdhani, Ali Mufty (Unknown)
Suwardi, Olivia Anastasia (Unknown)
Rahmadianti, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginternalisasikan nilai kesejarahan Batik Banten pada Gen-Z melalui inovasi trend fashion. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research Development (RND) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development dan Dessiminate). Responden dalam penelitian ini adalah Gen-Z yaitu siswa/i SMAN di Kabupaten Serang kelas X dan XI sebanyak 137 siswa yang terdiri dari 4 Kelas (XI IPS 4, XI IPS 1, X MIPA 8 dan X MIPA 7). Penelitian ini menghasilkan sebuah inovasi trend fashion Batik Banten digemari Gen-Z. Adapun uji coba produk yang dilakukan berdampak baik yaitu membuat Gen-Z lebih mengenal dan memahami makna dan nilai kesejarahan Batik Banten, menjadi bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia yang mempunyai banyak kebudayaan yang beragam serta meningkatkan sikap nasionalisme dan patriotisme. Oleh karena itu, inovasi ini dapat menjadi sebuah upaya yang efektif dalam menginternalisasikan nilai kesejarahan Batik Banten pada Gen-Z.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

historia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Learning History at school 2. Learning History in college 3. History education curriculum 4. Historical material (local, national, and world history) 5. History of education 6. Historical material in social ...