Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Kependidikan

PENERAPAN CURTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MEDIA LKPD BERBASIS KEBUDAYAAN MASYAKARAT DESA SADE YANG MELUMURI LANTAI DENGAN KOTORAN TERNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON

Febriani, Nadia (Unknown)
Junaidi, Eka (Unknown)
Martini, Hasinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI SAINTEK 2 SMA Negeri 2 Mataram pada materi hidrokarbon dengan menerapkan pendekatan Curturally Responsive Teaching (CRT) melalui media LKPD berbasis kebudayaan masyakarat desa sade yang melumuri lantai dengan kotoran ternak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes dari LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I presentase hasil belajar peserta didik sebesar 76,32% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,86%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan pendekatan Curturally Responsive Teaching dengan media LKPD pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...