Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Kependidikan

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII-6 SMPN 2 SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Qurratul Aini, Rini (Unknown)
Suhendra, Riadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dalam penelian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa, hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai pada siklus I sebanyak 12 orang sisiwa tidak tuntas belajar denagn ketuntasan belajar klasikan sebanyak 63,63, sedangkan pada pelaksanaan siklus II dari keseluruhan siswa sebanayak 33 orang dinyatakan tuntas, dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...