Penelitian ini bertujuan untuk menguji  pengaruh kualitas pelayanan media sosial dan promosi terhadap tingkat kepuasan pendonor darah sukarela. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah masyarakat kabupaten sumbawa yang pernah mendonorkan darah secara sukarela di unit donor darah palang merah Indonesia. Sample yang digunakan berjunlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling  dengan kriteria masyarakat di Kabupaten Sumbawa yang pernah mendonorkan darah secara sukarela dengan rentang usia 17- 45 tahun. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan google form. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Statical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini setelah dilakukan analisis data didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pendonor darah sukarela kemudian media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pendonor darah sukarela dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pendonor darah sukarela.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023