Anak-anak harus dididik dan ditanamkan kebiasaan positif sejak sekolah dasar agar mereka sukses di bidang akademik dan non akademik. Hal tersebut dapat membantu mereka menjadi berakhlak mulia, berbudi pekerti, sopan dalam berbicara dan bertingkah laku, sehingga kelak setelah dewasa mereka berperilaku dengan baik. Dengan bantuan kepala sekolah, hal ini dapat dibentuk secara dini di keluarga dan di sekolah, terutama di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri sikap kepala sekolah dan budaya sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda Kota Pekalongan. Penelitian kualitatif ini dilakukan dalam bentuk studi kasus. Kepala sekolah dan guru adalah subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian Budaya positif (collegeal school culture) di sekolah SD Salafiyah Fityatul Huda yang berkembang dengan cukup baik yaitu sebagai berikut: Sikap kepemimpinan kepala sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda terdiri dari (1) memberi contoh; (2) menahan diri, mempertimbangkan perasaan bawahan dan senior; (3) bijaksana; dan (4) pasrah. Sholat berjamaah, membaca Rotib dan Maulid, menjaga kebersihan sekolah, senyum, salam, dan penghargaan adalah budaya sekolah yang berkembang.
Copyrights © 2024