Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Karakteristik Sikap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Salafiyah Fityatul Huda)

Aqida, Debbi Silvia (Unknown)
Meisya, Rovika (Unknown)
Sabarudin, Sabarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Anak-anak harus dididik dan ditanamkan kebiasaan positif sejak sekolah dasar agar mereka sukses di bidang akademik dan non akademik. Hal tersebut dapat membantu mereka menjadi berakhlak mulia, berbudi pekerti, sopan dalam berbicara dan bertingkah laku, sehingga kelak setelah dewasa mereka berperilaku dengan baik. Dengan bantuan kepala sekolah, hal ini dapat dibentuk secara dini di keluarga dan di sekolah, terutama di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri sikap kepala sekolah dan budaya sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda Kota Pekalongan. Penelitian kualitatif ini dilakukan dalam bentuk studi kasus. Kepala sekolah dan guru adalah subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian Budaya positif (collegeal school culture) di sekolah SD Salafiyah Fityatul Huda yang berkembang dengan cukup baik yaitu sebagai berikut: Sikap kepemimpinan kepala sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda terdiri dari (1) memberi contoh; (2) menahan diri, mempertimbangkan perasaan bawahan dan senior; (3) bijaksana; dan (4) pasrah. Sholat berjamaah, membaca Rotib dan Maulid, menjaga kebersihan sekolah, senyum, salam, dan penghargaan adalah budaya sekolah yang berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...