Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Kolaborasi Pendidik dalam Membentuk Kemandirian Mahasiswa PGMI IAIN Curup dalam Menghadapi Pembelajaran Daring

M, Edi Wahyudi (Unknown)
Putrajaya, Guntur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

masa pandemi covid 19 sampai dengan sekarang. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran dijadikan alat untuk pencapaian tujuan pendidikan dan terbentuknya kemandirian mahasiswa namun dalam pelaksanaannya ditemui berbagai macam permasalahan sehingga perlu dilakukan kolaborasi antar pendidik dengan peserta didik yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang akan melihat kolaborasi pendidik dalam membentuk kemandirian mahasiswa IAIN Curup dalam menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini bersifat Mixed Method, dengan subjek penelitian mahasiswa, dosen dan staf dilingkungan prodi Fakultas Tarbiya IAIN Curup. Instrumen penelitian ini menggunakan Kuesioner dan In-Depth Interview dengan analisis data menggunakan understanding; generality; control; dan conclusion teknik tri anggulasi. Hasil penelitian penghitungan korelasi diperoleh bahwa r hitung 0.304 dan r tabel=0.00586 artinya terdapat hubungan yang signifikan kolaborasi pendidik dalam membentuk kemandirian mahasiswa.  Nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...