Muhammad Abid Al-Jabiri dikenal sebagai pemikir wacana keislaman kontemporer yang banyak menghasilkan banyak karya berkaitan dengan studi pemikiran Islam, filsafat, politik, budaya, pendidikan dan lain-lain. Secara umum, pemikirannya penuh dengan kritik kontstruktif terhadap pemikiran Islam Tradisionalis-Konservatif. Berbicara tentang diskursus pendidikan, ia pernah membahas tentang sistem pendidikan di Maroko yang dianggap masih mempertahankan sistem tradisionalis dan sudah tidak relevan dengan konteks kekinian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri dan Perspektif Muhammad Al Jabiri di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yaitu pengutipan dari buku, jurnal, berita dan hasil penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri tentang definisi, tujuan, dan pelaksanaan pengembangan pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Beberapa contoh pengembangan ilmu Islam di sekolah dasar menurut perspektif Al Jabiri: Pendidikan Akhlak dan Moralitas, Pendidikan Agama dan Bahasa Arab, Pengajaran Keterampilan dan Berfikir Kritis dan yang terakhir Pengajaran Sejarah Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024