Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Tebak Gerakanku di Kelas 1 SD Negeri Anggarudin Kecamatan Nagrak

Rahmat, Lea Diana (Unknown)
Amalia, Arsyi Rizqia (Unknown)
Lyesmaya, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa di kelas 1 SD negeri Anggarudin, menjadi latar belakang permasalahan yang dilihat oleh peneliti. hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih rendah dalam menyebutkan simbol huruf, melafalkan simbol huruf, dan mengeja huruf menjadi kosakata dan menjadi kalimat yang sederhana. Data awal menunjukkan dari 27 siswa kelas 1 hanya 8 siswa yang Sudah memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran tebak gerakanku karena pada umumnya siswa kelas 1 SD sangat menyukai bermain sambil belajar. Di samping itu penerapan metode ini juga telah berhasil dilaksanakan oleh peneliti sebelumnya yaitu Amalia, Harpiani, dan Zumroatun. Penelitian ini menunjukkan hasil yang sangat baik, terlihat dari meningkatnya keterampilan membaca siswa. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tebak gerakanku terbukti meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Negeri Anggarudin. Sebelum dilakukan penelitian ini hanya 8 siswa dari 27 siswa yang sudah memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan. Dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode tebak gerakanku meningkat menjadi 23 siswa yang mampu memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...