Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Materi Perkalian dan Pembagian Kelas IV SDN Bayan

Swesti Melani (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Yuli Widiyono (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Suyoto Suyoto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan hasil belajar, 2) mengetahui keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education merupakan model pembelajaran yang dalam prosesnya berbantuan benda konkret. Penelitian ini menggunakan benda konkret, benda tersebut digunakan sebagai sarana mempermudah cara menghitung siswa. Benda konkret yang digunakan oleh peneliti yaitu stik. Metode Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini berada di SD N Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Subjek penelitian yang digunakan peneliti kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian menjadi 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada siklus I keaktifan belajar sebesar 64% sedangkan pada siklus II yaitu 77%, jumlah ini termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus pertama mencapai 72% dan pada siklus kedua mencapai 100%, hal ini membuktikan bahwa metode RME tepat digunakan untuk siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model RME mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, proses belajar siswa menjadi lebih baik. Saran untuk guru dan sekolah diharapkan mampu bekerja sama untuk menindaklanjuti dan memfasilitasi guru dalamĀ  mempelajari berbagai model pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...