Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan hasil belajar, 2) mengetahui keaktifan siswa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Realistic Mathematics Education merupakan model pembelajaran yang dalam prosesnya berbantuan benda konkret. Penelitian ini menggunakan benda konkret, benda tersebut digunakan sebagai sarana mempermudah cara menghitung siswa. Benda konkret yang digunakan oleh peneliti yaitu stik. Metode Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat penelitian ini berada di SD N Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo. Subjek penelitian yang digunakan peneliti kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Peneliti melakukan penelitian menjadi 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada siklus I keaktifan belajar sebesar 64% sedangkan pada siklus II yaitu 77%, jumlah ini termasuk kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus pertama mencapai 72% dan pada siklus kedua mencapai 100%, hal ini membuktikan bahwa metode RME tepat digunakan untuk siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model RME mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, proses belajar siswa menjadi lebih baik. Saran untuk guru dan sekolah diharapkan mampu bekerja sama untuk menindaklanjuti dan memfasilitasi guru dalamĀ mempelajari berbagai model pembelajaran.
Copyrights © 2024