Pembelajaran matematika berbasis komputer merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai sarana pendukung. Dalam metode ini, model pembelajaran disajikan melalui perangkat komputer, membuat proses belajar mengajar lebih interaktif dan menarik untuk siswa khususnya pada mata pelajaran matematika yang kebanyakan siswa merasa sulit akan memahami materi, jenuh dan bosan saat belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa menggunakan model tutorial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Wonosari. Pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. teknik analisis data deskriptif, yang melibatkan tiga tahapan kegiatan. Pertama, reduksi data. Kedua, display. dan Terakhir, verifikasi dilakukan untuk menarik kesimpulan berdasarkan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran matematika melalui model tutorial, yaitu, mengadopsi berbagai metode, pendekatan personalisasi, memonitoring kemajuan siswa, melibatkan siswa dalam diskusi, evaluasi terkait hasil pembelajaran, dari hasil wawancara yang penulis lakukan terkiat model pembelajaran tutorial secara positif dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Wonosari.
Copyrights © 2024