Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Implementasi Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Tutorial di Sekolah Dasar Wonosari

Selvia, Novi (Unknown)
Prastowo, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran matematika berbasis komputer merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai sarana pendukung. Dalam metode ini, model pembelajaran disajikan melalui perangkat komputer, membuat proses belajar mengajar lebih interaktif dan menarik untuk siswa khususnya pada mata pelajaran matematika yang kebanyakan siswa merasa sulit akan memahami materi, jenuh dan bosan saat belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa menggunakan model tutorial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Wonosari. Pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. teknik analisis data deskriptif, yang melibatkan tiga tahapan kegiatan. Pertama, reduksi data. Kedua, display. dan Terakhir, verifikasi dilakukan untuk menarik kesimpulan berdasarkan analisis data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran matematika melalui model tutorial, yaitu, mengadopsi berbagai metode, pendekatan personalisasi, memonitoring kemajuan siswa, melibatkan siswa dalam diskusi, evaluasi terkait hasil pembelajaran, dari hasil  wawancara yang penulis lakukan terkiat model pembelajaran tutorial secara positif dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Wonosari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...