Berdasarkan data survey siswa Indonesia mengalami krisis literasi sains yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang memadai oleh karena itu dibutuhkan optimalisasi pembelajaran literasi sains siswa dengan menciptakan beragam media pembelajaran berbasis literasi sains. Pada penelitian ini akan diuraikan proses pengembangan media pembelajaran Busy Bag dengan bermuatan literasi sains pada siswa kelas IV MIN 3 Jombang. Di dalam paket busy bag terdapat 3 bentuk permainan, yakni spinner, puzzle, dan kartu yang didesain dengan materi sains yakni siklus hidup hewan. R&D model Tessmer menjadi metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada validator ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran buy bag sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dengan perolehan total persentase validasi dari para ahli sebesar 88% dan perolehan total rata-rata persentase kelayakan dari siswa sebesar 88% yang mana keduanya termasuk kategori sangat layak.
Copyrights © 2024