Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Busy Bag Bermuatan Literasi Sains bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Ul’arifah, Talitha Rahma (Unknown)
Rofi'ah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2024

Abstract

Berdasarkan data survey siswa Indonesia mengalami krisis literasi sains yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang memadai oleh karena itu dibutuhkan optimalisasi pembelajaran literasi sains siswa dengan menciptakan beragam media pembelajaran berbasis literasi sains. Pada penelitian ini akan diuraikan proses pengembangan media pembelajaran Busy Bag dengan bermuatan literasi sains pada siswa kelas IV MIN 3 Jombang. Di dalam paket busy bag terdapat 3 bentuk permainan, yakni spinner, puzzle, dan kartu yang didesain dengan materi sains yakni siklus hidup hewan. R&D model Tessmer menjadi metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada validator ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran  buy bag sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dengan perolehan total persentase validasi dari para ahli sebesar 88% dan perolehan total rata-rata persentase kelayakan dari siswa sebesar 88% yang mana keduanya termasuk kategori sangat layak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...