Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Kota Banda Aceh, diperoleh data bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi kemagnetan dikarenakan proses pembelajarannya masih menggunakan buku paket. Penyampaian pembelajarannya juga masih bersifat monoton dan kurang bervariasi dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan media pembelajaran yang baru yang dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar seperti modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan di SMP/MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan kelayakan modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan di SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang menggunakan model pengembangan AlessiĀ & Trollip yang memiliki tiga tahapan: (1) perencanaan (planning), (2) perancangan (desain), dan (3) pengembangan (development). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk dan angket respon peserta didik. Uji coba terbatas melibatkan 5 peserta didik kelas IX-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan dari hasil uji kelayakan diperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 90,7% dengan kriteria sangat layak, dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul interaktif dengan model TGT untuk pembelajaran IPA materi kemagnetan sangat layak digunakan sebagai media pemebelajaran fisika di SMP/MTs.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024