JMPO
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO)

Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PJOK di level Sekolah Dasar

Hardi, Veny Juniarni (Unknown)
Nurhuda, Asep Mu’min (Unknown)
Verianti, Giri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum Merdeka Belajar diterapkan pada mata Pelajaran PJOK di level sekolah dasar mulai dari kendala yang ditemukan hingga Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif pendekatan survei. Dilaksanakan di SDN 2 Sukarasa melibatkan tiga partisipan terdiri dari guru PJOK Kepala Sekolah dan satu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan pendekatan Triangulasi sebagai pemeriksa keabsahan data penelitian. Hasil wawancara menunjukan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran PJOK dilakukan secara bertahap dan taraf penyesuaian. Kendala yang dihadapi adalah guru PJOK masih kesulitan dalam menanamkan 6 karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa dengan berbagai karakteristik, kurangnya pengetahuan guru mengenai metode pembelajaran dan media pembelajaran yang berpusat pada siswa. Solusi yang dilakukan yaitu dengan cara mencari informasi lebih dalam tentang kurikulum Merdeka Belajar dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru untuk menerapkan kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmpo

Publisher

Subject

Education Public Health Other

Description

Jurnal Master Penjas & Olahraga (JMPO) is a forum for publishing various studies that have a study of the scope of the sport, ranging from sports education, sports achievement, recreational sports and health sports in which can cover various fields of science in sports, such as anatomy, physiology, ...