Down Syndrome ialah salah satu kategori Anak Berkebutuhan Khusus dengan kelainan genetik yang disebabkan oleh kelebihan kromosom 21 pada tubuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran anak Down Syndrome terhadap perkembangan bahasa anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Anak Down Syndrome memiliki kebutuhan dan potensi yang unik. Meskipun menghadapi tantangan dalam perkembangan bahasa, mereka mampu menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi penting. Dukungan yang sesuai, seperti terapi wicara dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan, penting untuk membantu mereka mengatasi hambatan tersebut. Strategi pembelajaran yang individual, interaktif, dan bermain menjadi kunci dalam memberikan pendidikan yang efektif bagi anak-anak dengan Down Syndrome. Meskipun mungkin mengalami pola perilaku repetitif, mereka tetap mampu berinteraksi dengan lingkungan mereka dengan dukungan yang tepat. Komunikasi yang efektif tidak hanya meningkatkan interaksi sehari-hari, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2024