Penelitian ini dilakukan untuk melihat efektivitas dari penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental. Design terdiri dari pretest, treatment dan posttest untuk mengetahui bagaimana penerapan discovery learning dan adakah keefektifan metode tersebut dalam pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia dini Kelompok B RA Mambaul Ulum Wedoroanom. Hasil rata-rata kemampuan kognitif anak sebelum penggunaan metode tersebut sebesar 29,29 sedangkan kemampuan kognitif anak sesudah penggunaan metode tersebut sebesar 49,43 menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif anak sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode discovery learning dan hasil Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dinyatakan discovery learning dalam pembelajaran sains berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok di RA Mambaul Ulum Wedoroanom Driyorejo Gresik.
Copyrights © 2024