Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dengan Menerapkan Permainan Songkok-Songkok Jangang dalam Bimbingan Kelompok

Serina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan permainan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-kanang? (2) Bagaimana gambaran penerapan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok di SD Inpres 242 Kanang-Kanang? (3) Apakah ada pengaruh penerapan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi di SD Inpres 242 Kanang-Kanang? Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Experimental dengan model quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu skala keterampilan komunikasi dan observasi. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan komunikasi siswa sebelum penerapan permaianan Songkok-Songkok Jangang berada pada kategori rendah (2) Selama pelaksanaan permainan Songkok-Songkok Jangang dalam bimbingan kelompok tingkat partisipasi siswa berada pada kategori tinggi (3) Penerapan permainan Songkok-Songkok Jangang dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan komunikasi siswa di SD Inpres 242 Kanang-Kanang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...