Penelitian ini mengangkat pokok masalah tentang “Bagaimana Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Kesuliatan Belajar Anak”, dengan sub masalah yaitu: Bagaimana peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak dan Apa saja kendala yang dialami orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar anak yaitu, pemberian motivasi dalam belajar, mendidik menggunakan metode ketauladanan, menyediakan fasilitas belajar anak, orang tua sebagai guru di rumah. Kendala yang dihadapi orang tua yaitu ekonomi orang tua, kurangnya pendidikan dan pemahaman orang tua, anak tidak mendengar perkataan orang tua dan faktor lingkungan yang terlalu bebas. Implikasi dalam penelitian ini yaitu: Perlu adanya kesadaran dari pihak orang tua dalam memberikan keteladanan yang baik kepada anaknya agar mampu mendidik, membina dan mengatasi kesulitan belajar anak. Bagi para anak, hendaknya lebih patuh dan mendengar orang tuanya, walaupun cara atau metode orang tua dalam mendidik masih belum tepat.
Copyrights © 2024