Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying di sekolah 2) Dampak perilaku bullying terhadap prestasi akademik subyek NFA , 3) bentuk intervensi yang tepat untuk menangani dan meningkatkan prestasi akademik subyek NFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus klinis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan analisis kualitatif dari Model Miles & Hubermen, yaitu reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya adalah 1) Faktor penyebab terjadinya perilaku bullying di terhadap subyek NFA karena adanya ketimpangan kekuasaan dan pengaruh teman sebaya 2) Dampak dari perilaku bullying terhadap prestasi akademik subyeki NFA yang menjadi korban bully mengakibatkan rendahnya motivasi berprestasi subyek NFA 3) Intervensi yang digunakan yakni peneliti menerapkan konseling individu dengan pendekatan SFBC. Setelah melaksankan intervensi subyek NFA mampu meningkatkan motivasi berprestasi secara perlahan.
Copyrights © 2024