Akademi Komunitas Olat Maras yang didirikan pada tahun 2016 sampai sekarang hanya memiliki satu Program Studi yaitu Diploma Satu Teknik Alat Berat dimana pada program studi ini perlu dilakukan penelitian kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dalam rangka evaluasi diri supaya dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil tindakan perbaikan yang sesuai agar pelayanan akademik dapat lebih memenuhi harapan dan kebutuhan mahasiswanya untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan pada penilaian Dimensi Servqual (Sevice Quality), Data yang digunakan adalah data primer menggunakan kuisioner yang disebar kepada 95 responden yang didapat menggunakan kriteria metode Simple Random Sampling dengan Teknik Slovin. Serta dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada 30 responden berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Regresi linier berganda dengan bantuan software Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil pengolahan data hasil uji analisis hanya dimensi Empathy (Pemahaman terhadap kepentingan mahasiswa) yang berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan kepuasan secara keseluruhan. Sedangkan untuk dimensi yang memiliki pengaruh terendah terhadap kepuasan mahasiswa adalah dimensi Tangibles (bukti fisik) dengan indikatornya mencakup fasilitas sarana dan prasarana. Berdasrkan hasil yang diperoleh bahwa perlu dilakukan prioritas perbaikan pada dimensi Tangibles (bukti fisik) yaitu pada kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan yang ada di Akademi komunitas Olat maras, serta memperbanyak koleksi buku referensi pembelajaran dan perkuliahan untuk program studi. Analysis of Heavy Equipment Engineering Study Programme Student Satisfaction with Academic Services at Olat Maras Community Academy Abstract The Olat Maras Community Academy which was founded in 2016 until now only has one study programme, namely the Diploma One Heavy Equipment Engineering where in this study programme it is necessary to research student satisfaction with academic services in the context of self-evaluation so that it can be used as a basis for taking appropriate corrective actions so that academic services can better meet the expectations and needs of its students to be able to compete with other universities. This study uses a quantitative method with an approach to the assessment of the Servqual Dimension (Sevice Quality), the data used is primary data using questionnaires distributed to 95 respondents obtained using the criteria of the Simple Random Sampling method with the Slovin technique. And validity and reliability tests were carried out on 30 different respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression tests with the help of Microsoft Excel 2010 software. Based on the results of data processing, the results of the analysis test only the Empathy dimension (Understanding of student interests) has a significant effect on increasing overall satisfaction. Meanwhile, the dimension that has the lowest influence on student satisfaction is the Tangibles dimension (physical evidence) with indicators including facilities and infrastructure. Based on the results obtained that is necessary to prioritise improvements in the Tangibles dimension (physical evidence), namely in the completeness of library facilities and infrastructure at the Olat Maras Community Academy, as well as increasing the collection of learning and lecture reference books for study programmes.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023