Pendidik merupakan unsur terpenting dalam pengelolaan kelas yang efektif dan efisien. Maka diperlukan seorang pendidik yang memiliki gaya kepemimpinan yang mendorong peserta didik untuk meningkatkan potensinya. Selain itu, mengembangkan aspek-aspek perkembangan peserta didik seperti aspek nilai moral dan agama, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek fisik motoric, nilai pancasila dan aspek sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh pendidik anak usia dini dalam mengelola kelas. Pengambilan data menggunakan online survey dengan responden berjumlah 79 orang yang tersebar di 3 provinsi yakni provinsi Papua, provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah. Adapun hasil penelitiannya adalah Pendidik lebih condong untuk menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif sebesar 61%. Dilanjutkan dengan gaya visioner sebesar 59% dan gaya situasional sebesar 58%. Sedangkan gaya kepemimpinan otoriter sebesar 19%. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024