KARANGAN Journal
Vol. 6 No. 1 (2024): Maret 2024

APLIKASI CANVA BERBASIS PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS XI SMA AHMAD YANI 2 BAURENO

rohman, fathur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan kebutuhan guru akan media audio visual interaktif melalui basis aplikasi canva untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia 2).Mengembangkan media pembelajaran audio visual interaktif berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Teks Prosedur kelas XI 3).Menganalisis keefektifitasan produk hasil pengembangan media pembelajaran audio visual interaktif berbasis aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan pendidikan atau Education Research and Development (R&D). Data yang digunakan proses penelitian dan pengembangan ini berasal dari SMA Ahmad Yani 2 Baureno Kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara instrument ahli dan kuisioner Hasil penelitian ini. Guru dan siswa SMA kelas XI SMA Ahmad Yani 2 Baureno memerlukan media pembelajaran Audio Visual Interaktif berbasis Aplikasi Canva dikarenakan adanya kebutuhan di lapangan yang memperlihatkan kondisi proses pembelajaran Bahasa Indonesia. sebelum dilakukan pengembangan Media pembelajaran interaktif pada siswa kelas XI SMA Ahmad yani 2 Baureno, nilai belajar siswa menunjukan hanya 10 %. Setelah dilakukan pengembangan nilai Siswa naik menjadi 60 % . Hasil Pengembangan produk dinyatakan layak. Keseluruhan validasi dari ahli media, ahli materi dan ahli praktisi, meberikan nilai dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor 4,9.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karangan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal KARANGAN published research result of education following: 1. Indonesian language learning 2. English learning 3. Chemistry education learning 4. Thematic learning 5. Literacy 6. Teaching materials ...