Pendahuluan: Pelayanan keperawatan di Indonesiasaat ini masih dalam suatu proses profesionalisasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan asuhan keperawatan yang bermutu dan professional dengan menerapkan pre conference dan post conference sebagai komunikasi antar perawat. Penerapan pre conference dan post conference dalam keperawatan sangat berkaitan dengan pelaksanaan asuhan keperawatan khususnya pendokumentasian keperawatan. Tujuan: Tujuannya menjelaskan penerapan fungsi pengarahan Managemen Keperawatan dalam pelaksanaanPre dan Post Conference Terhadap Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Rawat Inap Rumah Sakit M. Yusuf Kotabumi. Metode: Penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui prose wawancara, observasi dan pengkajian di ruang Melati RS M yusuf pada tanggal 15 Oktober 2023 – 28 Oktober 2023.Pengkajian dilakukan pada 10 orang perawat yang berdinas di Ruangan Melati. Pengkajian yang dilakukan yaitu mengenai data umum dan masalah yang berhubungan dengan manajemen keperawatan di Ruangan Melati yang berkaitan dengan fungsi pengarahan (pre dan post conference). Metode observasi dilakukan secara langsung melakukan analisis kajian ruang Melati. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan dengan penerapan Pre dan Post Conference maka masalah managemen keperawatan teratasi perawat telah memahami pentingnya pelaksanaan pre dan post conferencedengan baik sesuai alur. Simpulan: Simpulan dan saran perlu upaya peran serta managemen Rumah Sakit untuk mengadakan progran pelatihan dan diharapkan perawat di ruang Melati melanjutkan dan menerapkan inovasi yang telah dipraktekkan mahasiswa dalam melaksanakan managemen keperawatan.
Copyrights © 2024