Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa ialah dengan melakukan inovasi pada model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Garut, metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori tinggi dan sedang. Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada umumnya rendah dan sedang. One effort to improve students' mathematical communication skills and student learning independence is to innovate the use of the learning model. The purpose of this study is to analyze the differences in the improvement of communication skills and learning independence of students who are taught Problem Based Learning and Discovery Learning. This research was conducted in Senior High School 6 Garut, this research employed Quasi Experiment Design by using two classes as samples namely class X MIPA 7 as an experimental class 1 using the Problem Based Learning model while X MIPA 2 as an experimental class 2 using Discovery Learning model. Students who are taught Problem Based Learning and Discovery Learning have increased mathematical communication skills in the high and medium categories. The learning independence of students who get the Problem Based Learning and Discovery Learning model is generally low and moderate.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022