Abad 21 memberikan sebuah tantangan siswa untuk bisa menguasi beberapa kemampuan salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini pada matematika mengharuskan siswa bisa menuliskan berbagai solusi yang benar dan berbeda pada permasalahan terbuka. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan pola bilangan pada siswa kelas VIII. Sampel penelitian yakni 24 siswa kelas VIII di Kab. Blitar. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh 71% siswa memenuhi indikator kelancaran, 63% siswa memenuhi indikator keluwesan dan 4% siswa memenuhi indikator kebaruan. Indikator yang paling sedikit dipenuhi oleh siswa yakni indikator kebaruan. Sedangkan indikator yang paling banyak dipenuhi oleh siswa yakni indikator kelancaran. Guru disarankan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah dengan jawaban benar yang beragam, sehingga kemampuan berpikir kreatif bisa terasah. The 21st century provides a challenge for students to be able to master several abilities, one of which is the ability to think creatively. This ability in mathematics requires students to be able to write various correct and different solutions to open problems. The research aims to describe the ability to think creatively in solving number pattern problems in class VIII students. The research sample is 24 class VIII students in Kab. Blitar. Data was collected through tests and interviews. Data analysis using reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that 71% of students met the indicators of fluency, 63% of students met the indicators of flexibility and 4% of students met the indicators of novelty. The indicator that the students met the least was the novelty indicator. The indicator most fulfilled by students is the fluency indicator. Teachers are advised to train students to solve problems with a variety of correct answers so that creative thinking skills can be honed.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023