Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 3 (2023): November

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Cooperative Script terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Nasution, Eline Yanty Putri (Unknown)
Erita, Selvia (Unknown)
Mandalena, Henil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Model Pembelajaran Cooperative Script yang valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kerinci. Instrumen menggunakan angket dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. LKS berbasis Model Pembelajaran Cooperative Script dari ahli media dinyatakan valid dengan tingkat persentase 75,33% dan dari ahli materi dinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 89%, LKS dinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase 87,90%, dan LKS dinyatakan efektif dengan perolehan nilai rata-rata 82,81%. Ini menunjukkan bahwa LKS tersebut telah valid, praktis, dan efektif. This research aims to produce worksheets based on the Cooperative Script Learning Model that are valid, practical, and effective on students' ability to understand mathematical concepts in SPLDV material. This research uses the ADDIE model. The research was carried out at SMP Negeri 10 Kerinci. The instrument uses a questionnaire and tests the ability to understand mathematical concepts. The LKS based on the Cooperative Script Learning Model from media experts was declared valid with a percentage level of 75.33% and from material experts it was declared very valid with a percentage level of 89%, the LKS was declared very practical with a percentage level of 87.90%, and the LKS was declared effective with a score obtained. average 82.81%. This shows that the worksheet is valid, practical, and effective.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...