Kemampuan pemahaman matematis merupakan dasar yang krusial dalam pembelajaran matematika. Siswa dengan kemampuan pemahaman matematis yang baik cenderung mampu menguasai konsep-konsep matematika dengan lebih mendalam dan mampu mengaplikasikannya dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match denganĀ siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan non-tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP YP 17 Nagreg dan sampel diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-A dan kelas VII-B. Berdasarkan hasil pengolahan data, tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran matematika yang lebih efektif. The ability to understand mathematics is a crucial basis for learning mathematics. Students with good mathematical understanding abilities tend to be able to master mathematical concepts in more depth and can apply them in various contexts. This research aims to identify differences in the mathematical understanding abilities of students who receive the index card match type cooperative learning model and students who receive the think-pair-share type cooperative learning model. The method used is quasi-experimental. The instruments used in this research were tests and non-tests. The population in this study were students at SMP YP 17 Nagreg and samples were taken from two classes, namely class VII-A and class VII-B. Based on the results, there is no significant difference in the understanding ability of students who received the index card type cooperative learning model matched with students who received the think-pair-share type cooperative learning model. The results of this research can provide useful recommendations for educators in designing more effective mathematics learning.
Copyrights © 2024