Mesin EDC (Electronic Data Capture) menjadi alat/perangkat tambahan yang sangat dibutuhkan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran antara merchant dan customer. Ini sejalan dengan penggunaan kartu non-tunai (cashless) sebagai alat pembayaran yang semakin berkembang pesat. Bank BRI menjadi salah satu bank penyedia layanan mesin EDC tersebut, dengan sebutan EDC BRI Merchant. Terdapat fakta data di lapangan bahwa EDC BRI seringkali tidak digunakan ketika customer bertransaksi pada merchant tersebut. Maka dari itu, penelitian dalam bidang User Experience (UX) pada EDC BRI menjadi penting untuk mengetahui kebutuhan, preferensi, serta kendala yang dialami pengguna EDC BRI, baik bagi merchant maupun customer sehingga perancangan dan pengembangan EDC BRI dapat dilakukan dengan lebih baik untuk meningkatkan user experience dan memenuhi harapan pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil analisis user experience pada penggunaan EDC BRI menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab seringkali EDC BRI tidak digunakan, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Namun, faktor yang lebih dominan disebabkan oleh keunggulan mesin EDC yang ditawarkan oleh bank kompetitor dan juga karena penggunaan mesin EDC di beberapa merchant didominasi oleh bank kompetitor.The EDC (Electronic Data Capture) machine is an additional tool/equipment that is really needed to facilitate payment transactions between merchants and customers. This is in line with the rapidly growing use of non-cash cards as a means of payment. BRI Bank is one of the banks providing EDC machine services, with the name EDC BRI Merchant. There are data facts in the field that BRI's EDC is often not used when customers make transactions at these merchants. Therefore, research in the field of User Experience (UX) on BRI EDC is important to find out the needs, preferences and obstacles experienced by BRI EDC users, both for merchants and customers. An anthropological perspective is used to analyze this phenomenon because anthropology views society as an entity bound by culture and social norms. An anthropological perspective can help explain how culture and social norms in a particular region or community influence the use of BRI EDC machines. Are there local preferences regarding cash payments or specific payment methods that influence EDC adoption? The research method used is a qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and literature study. The results of user experience analysis on the use of BRI EDC show that there are two factors that cause BRI EDC to often not be used, namely internal factors and external factors. These two factors intersect with cultural values, symbols and cultural icons.
Copyrights © 2024