ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol. 5 No. 1 (2024): ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Pekerja dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Bolopleret Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten Tahun 2023

Syamsiyati, Rosida Nur (Unknown)
Nur Aini, Septiana Ika (Unknown)
Subandji (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini. Namun beberapa anak memiliki perkembangan sosial emosional yang belum sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pekerja; 2) Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun; 3) Hubungan pola asuh orang tua pekerja dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di Desa Bolopleret. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilakukan di Desa Bolopleret dari bulan Desember 2022 – Juli 2023. Populasi sejumlah 37 responden (orang tua), dengan pengambilan sampel 34 responden (orang tua). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola asuh otoriter 23%, pola asuh demokratis 59% dan pola asuh permisif 18%; Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun kategori sedang, ditunjukkan dengan presentase 56%; 3) Sehingga disimpulkan terdapat hubungan positif antara pola asuh orang tua pekerja dengan perkembangan sosial emosional. Kunci Kunci : Pola Asuh, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abna

Publisher

Subject

Education

Description

ABNA : (Journal of Islamic Early Childhood Education), Islamic University Raden Mas Said Surakarta, Central Java, Indonesia. This journal published twice a year in Juny and December by Islamic Early Childhood Education Department Islamic Education and Teacher Training Faculty of UIN Raden Mas Said ...