Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik siswa Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi berjumlah 238 siswa diambil sampel 149 siswa dengan menggunakan rumus Slovin eror 5% dan teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yaitu uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedostisitas dan uji linearitas. Untuk uji hipotesis secara parsial yaitu uji hipotesis iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh negatif iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik dibuktikan dengan hasil pengujian koefisien regresi sebesar -0,460. Hasil perhitungan uji t diperoleh pengaruh iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik t-hitung sebesar -14,07 dengan nilai signifikan 0,001 > 0,05 maka terdapat pengaruh negatif iklim sekolah terhadap prokrastinasi akademik. Dan perhitungan R Square sebesar 0,574 (57,4%). Hal ini berarti bahwa kontribusi pengaruh iklim sekolah Muayyad Surakarta Tahun pelajaran 2023/2024 adalah sebesar 57,4% sedangkan sisanya sebesar 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Iklim Sekolah, Prokrastinasi Akademik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024