Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Konsepsi (November)

Efektivitas Penggunaan Ice Breaking pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas II Sekolah Dasar

Ambarwati, Ambarwati (Unknown)
Suryani, Lilis (Unknown)
Baderiah, Baderiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung, 3) efektivitas penggunaan ice breaking dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa, dimana 22 siswa kelas IIA yang masuk dalam kelompok intervensi dan 22 siswa kelas IIB masuk dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni instrumen tes penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok intervensi dengan menggunakan ice breaking diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 42,50 menjadi 92,25, 2) hasil pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah siswa pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran langsung diperoleh data dengan nilai rata-rata sebesar 38,75 menjadi 64,25, 3) penggunaan ice breaking efektif dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada Kelas II SD Negeri 277 Sambirejo Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...