Jurnal Konsepsi
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Konsepsi (Mei)

Implementasi Model Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Khasanah, Siti Nur (Unknown)
Sukirman, Sukirman (Unknown)
Aswar, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Teams Games Tournament pada pemebelajaran matematika peserta didik kelas II.B di MI Datuk Sulaiman Palopo serta mengetahui peningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan mengimplementasikan model pembelajaran Tames Games Tournament (TGT) di kelas II.B di MI Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian peserta didik kelas II.B MI Dato Sulaiman Palopo yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas peserta didik dan guru, tes untuk menilai hasil belajar peserta didik, serta dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT dimulai dengan perencanaan, yaitu: 1) mengidentifikasi masalah, 2) mencari penyebab masalah, 3) memilih masalah yang ada, dan 4) merancang tindakan untuk meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya tahap tindakan dan observasi dilaksanakan sesuai rancangan tindakan, yaitu melaksanakan sistem pembelajaran TGT dengan menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam siklus-siklus, setiap siklus melaksanakan tindakan: a) Teaching; b) Team Study; c) Game and Tournament; d) Recognize Team, sedangkan tahap refleksi, dilakukan pengamatan dan perbaikan pembelajaran TGT pada siklus sebelumnya, sehingga pembelajaran TGT pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik antusias dan aktif mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT. Serta adanya peningkatan hasil belajar peserta didik berdasarkan KKM, peningkatan nilai rata-rata kelas setelah diberi tindakan siklus I sebesar 50% dari 13 peserta didik yang tuntas kemudian siklus II meningkat 84.61% dari 20 orang peserta didik yang tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...