Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi hambatan guru wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berfokus pada upaya guru wali kelas V dalam membentuk karakter disiplim siswa kelas V bagian putra. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang telah dilakukan oleh guru dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran diantaranya metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bercerita atau mendongeng dan metode diskusi dapat merubah sikap dan perilaku siswa telah disiplin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa di kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo telah berhasil. Perubahan karakter disiplin siswa telah nampak seperti dengan datang ke sekolah tepat waktu, sebelum masuk kelas siswa melaksanakan apel pagi untuk bersiap melakukan pembacaan asma’ul husna dan setelah di dalam kelas selalu membaca doa sebelum belajar, setelah waktu sholat siswa selalu melaksanakan sholat secara berjamaah. Dan tidak hanya itu dilingkungan sekolah selalu lima S yakni senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Ini merupakan hasil dari pembentukan karakter disiplin siswa kelas V MI Datok Sulaiman bagian putra Kota Palopo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024