Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 4 (2024): Jurnal Konsepsi (Februari)

Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamaatan Lamasi Timur

Nurul Anniza (Unknown)
Rustan, Edhy (Unknown)
Salmilah, Salmilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, menghasilkan rancangan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur, serta mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan Bahan Ajar pada Materi Sumber Daya Alam berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV SDN 100 Singgasari Walendrang Kecamatan Lamasi Timur. Penelitian ini adalah jenis R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN 100 Singgasari melalui observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV, sedangkan objek penelitian adalah bahan ajar yang dikembangkan. Validitas produk dievaluasi menggunakan instrumen angket dengan skala likert yang diisi oleh dosen ahli. Sedangkan, kepraktisan dievaluasi oleh guru kelas ketika menggunakan produk secara langsung. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran yang dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli desain dengan nilai 83% (kategori valid), ahli materi dengan nilai 75% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 83% (kategori valid) serta rata- rata persentase nilai dari ketiganya adalah 80% (kategori valid). Sementara itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% (kategori sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, serta dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...